(forum komunikasi pemuda sawah-sumur)

Dengan kemajuan teknologi dan membludaknya arus informasi global saat ini menjadikan peradaban kian maju dan pesat dengan beraneka ragam kemajuanya. Dengan kemajuan ini kita bisa melihat seluruh sudut perkotaan dibangun dengan begitu megah di seluruh belahan dunia. Bahkan mereka seolah berlomba-lomba untuk menjadikan kota mereka menjadi sebuah kota yang megah yang dipenuhi dengan gemerlap kemewahanya dengan tersedianya kelengkapan-kelengkapan seperti, pusat-pusat perbelanjaan yang super mewah, pusat-pusat hiburan, taman bermain dan tidak sedikit dari beberapa kota tersebut membangun sebuah taman kota yang begitu indah nan mewah yang untuk membuat sebuah pusat taman kota tersebut bisa menghabiskan dana milyaran rupiah demi menciptakan taman tersebut atau bangunan sejenis lainya.

Tapi lihatlah di sebuah perkampungan yang jauh dari gemerlap keindahan kota terdapat sebuah komunitas atau sekelompok masyarakat yang didalamnya hidup dalam komunitas sosial yang sederhana dan jauh dari kemewahan, kelompok ini tinggal disebuah tempat yang disebut dengan “Desa”.

Mendengar kata desa, yang terlintas dalam ingatan kita mungkin hanya sebatas sebuah tempat dimana disana terdapat sebuah hamparan sawah yang luas yang didalamnya terdapat masyarakat yang mayoritasnya adalah bermata pencaharian sebagai petani dan juga masyarakat yang kadang dianggap sebagai masyarakat tertingga.y

Terlepas dari apapun kesan penilaian masyarakat terhadap desa, disini saya justru ingin melihat peran dan potensi yang ada pada Desa ini.

Kemajuan suatu negara bisa terlihat dari maju tidaknya desa-desa yang terdapat dalam negara tersebut. Jika masyarakat desa dalam suatu negara tersebut makmur, maka bisa dipastikan bahwa rata-rata penduduk suatu negara tersebut juga bisa dinyatakan makmur dan sejahtera dan mungkin sebaliknya. Hal ini tentunya bukanlah sebuah hal yang berlebihan karena bukankah sebuah negara didalamnya tersusun dari ribuan atau mungkin ratusan ribu desa yang tersebar di seluruh negara tersebut ?

Desa sebagai keompok masyarakat yang tersebar di seluruh pelosok negeri ini sebenarna saya yakin memiliki kelebihan dan potensi masing-masing di setiap daerah. Terlebih letak geografis negeri ini yang tersebar di banyak wilayah dan didalamnya memiliki kekayaan alam yang begitu menggoda bangsa lain untuk menggali dan memiliki potensi yang ada dalam negeri ini yang justru biasanya terletak dan tersebar di daerah-daerah yang disebut desa.

Potensi yang ada dalam Desa dalam pemahaman saya disini terbagi dalam dua hal.

1. Potensi Sumber Daya Alam

Kekayaan alam yang terdapat dalam negeri ini, dari tambang emas, tembaga, nikel, minyak bumi, perak, batu bara, dan kekayaan alam yang lain hampir semuanya terletak di pedesaan. Namun karena sistem yang ada dalam pemerintahan ini menjadikan masyarakat desa justru seolah terusir dari kemakmuran dan kesejahteraan yang seharusnya mereka dapatkan.

Contoh Ini bisa kita lihat dari nasib warga desa di daerah Papua yang dahulunya tinggal disekitar pegunungan penghasil Emas terbesar di dunia ini yang seharusnya bisa menikmati kekayaan yang ada di desa sekitar mereka justru mereka terusir dan justru orang-orang asing yang menguasai tambang emas terbesar didunia ini dengan alasan karena faktor yang bermacam-macam yang dibuat oleh pemerintah atau mungkin karena kehebatan sistem yang dibuat oleh orang-orang asing tersebut sehingga pemerintah tidak menyadari kalau dibodohi oleh orang-orang asing tersebut.

Dan kasus yang menimpa dan dialami oleh warga masyarakat desa di papua ini bukanlah satu-satunya contoh yang bisa kita saksikan secara nyata di negeri ini, Di daerah-daerah lain masih banyak kasus-kasus yang serupa, Misalnya masyarakat-masyarakat didaerah put-pusat penggalian tambang di kepulauan Bangka Belitung yang bisa kita dengar kisah-kisah buruh tambang yang justru hanya hidup sebagai kuli tambang dan hanya menjadi kuli orang-orang di luar desa mereka karena beraneka macam alasan.

2. Potensi Sumber Daya Manusia

Sumber Daya manusia di suatu wilayah atau Desa khususnya, memang kalau dibuat rata-rata tentunya memang masih rendah. Dan potensi inilah yang seharusnya terus kita gali dan kita kembangkan dengan berbagai macam cara, dari melalui jalur pendidikan, pelatihan, membaca, seminar atau cara-cara yang lain yang bisa menggali dan membangun potensi-potensi Sumber Daya Manusia khususnya mayarakat desa.

Sehingga dengan adanya skill dan Sumber Daya Manusia yang cerdas, profesional dan beretika orang-orang Asing itu tidak bisa membodohi dan memanfaatkan kebodohan kita untuk mengeruk dan menguras seluruh potensi Kekayaan Sumber Daya Alam di negeri ini khususnya di pelosok-pelosok desa.

Dan usaha ini semua tentunya akan sia-sia saja seandainya pemerintah pusat beserta jajaran-jajaranya yang tersebar hingga di daerah-daerah dan pelosok desa tidak bisa bekerja dengan maksimal dan bersama-sama dengan masyarakat untuk bisa menggali dan menggerakan potensi yang ada di desa-desa ini.

Bukankah kemajuan suatu negara bisa dilihat dari kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya di pelosok desa ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: